JAWA BARAT

Print Friendly

Sekilas

adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu Kotanya berada dikota Bandung. Perkembangan Sejarah menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi yang pertama dibentuk di wilayah Indonesia (staatblad Nomor : 378). Provinsi Jawa Barat dibentuk berdasarkan UU No.11 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bagian barat laut provinsi Jawa Barat berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Provinsi Jawa Barat, secara geografis, terletak pada posisi 5o50’ – 7o50’ Lintang Selatan dan 104o48’ – 108o48’ Bujur Timur, dan memiliki batasan wilayah yang meliputi :

1. sebelah Utara, berbatasan dengan Laut Jawa dan Provinsi DKI Jakarta;
2. sebelah Timur, berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah;
3. sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia;
4. sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Banten;

          Luas wilayah Provinsi Jawa barat meliputi wilayah daratan  seluas  3.710.061,32  hektar  dan garis pantai sepanjang yaitu 755,829 km. Daratan Jawa Barat dialiri beberapa aliran sungai utama seperti  Sungai Citarum, Sungai Cimanuk, Sungai Cidurian , Sungai Cipunegara, Sungai Ciujung, Sungai Cisadane, Sungai Citanduy dan Sungai Ciliwung.Beberapa danau atau dalam bahasa Sunda disebut situ banyak terhampar dan menghiasi daratan Jawa Barat baik yang merupakan danau alami yang terjadi karena proses alami maupun danau buatan yang merupakan buatan manusia.

Provinsi Jawa Barat didiami penduduk sebanyak 43.053.732 Jiwa, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 21.907.040 jiwa dan perempuan sebanak 21.146.692 jiwa.Penduduk ini tersebar di 26 Kabupaten/Kota, 625 Kecamatan dan 5.899 Desa/Kelurahan.

         Wilayah Jawa Barat merupakan salah satu wilayah terbesar di Indonesia, dan merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki alam dan pemandangan yang indah serta memiliki berbagai potensi yang dapat diberdayakan, antara lain menyangkut Sumber Daya Air, Sumber Daya Alam dan Pemanfaatan Lahan, Sumber Daya Hutan, Sumber Daya Pesisir dan Laut serta Sumber Daya Perekonomian.

Jumlah Unit Hasil Pengolahan Perikanan

Jabar

 

Comments are closed.