SUMATERA UTARA

Print Friendly

Sekilas

adalah salah satu propinsi yang menjadi bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sumatera Utara terletak di Pulau Sumatera dengan luas wilayah propinsi adalah sekitar 71.680 km2. Ibukota propinsi ini berada di Kota Medan. Secara astronomis, Propinsi Sumatera Utara terletak di koordinat antara 1° – 4° Lintang Utara dan 98° – 100° Bujur Timur. Luas daratan Provinsi Sumatera Utara 71.680 km² dan memiliki luas kawasan pesisir dengan panjang pantai 1.300 Km.

Provinsi Sumatera Utara memiliki perbatasan dengan wilayah disekitarnya. Adapun batas wilayah Provinsi Sumatera Utara yaitu meliputu:

  1. Disebelah Utara yaitu berbatasan dengan Provinsi Aceh dan Selat Malaka
  2. Disebelah Selatan yaitu berbatasan dengan Provinsi Riau danProvinsi Sumatera Barat
  3. Disebelah Barat yaitu berbatasan dengan Provinsi Aceh dan Samudera Indonesia
  4. dan Disebelah Timur yaitu berbatasan dengan Selat Malaka

Provinsi Sumatra Utara memiliki 419 pulau. Pulau-pulau terluar dengan Pusat pemerintahan terletak diGunung Sitoli.

Sumatra Utara pada dasarnya dapat dibagi atas :

  • Wilayah pesisir timur, dimana merupakan wilayah propinsi yang memiliki perkembangan yang paling pesat. Hal ini disebabkan infrastruktur yang lengkap serta menjadi Pusat Pemerintahan Propinsi Sumatera Utara.
  • Wilayah Pegunungan Bukit Barisan, dimana merupakan wilayah yang terletak di tengah propinsi dan termasuk ke dalam rangkaian Pegunungan Bukit Barisan. Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan beberapa wilayah yang menjadi daerah dengan kepadatan penduduk tinggi di wilayah ini.
  • Wilayah Pesisir Barat, dimana merupakan wilayah yang sempit dengan kondisi demografis penduduknya adalah campuran yang terdiri dari masyarakat Batak, Minangkabau, dan Aceh.

Kawasan pesisir dan perairan darat di Wilayah Provinsi Sumatera Utara sangat berpotensi untuk pengembangan usaha perikanan dan wisata bahari,  dengan bermacam-macam hasil ikan dan paronama laut yang indah. Jenis-jenis ikan di Wilayah Provinsi Sumatera Utara seperti Tuna, Kerapu, Mas, Nila, dan Udang.

Secara administratif, Pemerintah Propinsi Sumatera Utara membawahi 33 (tiga puluh tiga) Kabupaten/Kota. Adapun rinciannya yaitu 25 Kabupaten dan 8Kota.

Sumatera Utara merupakan propinsi yang keempat terbesar jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Menurut hasil Sensus Penduduk (SP) 2010 tercatat jumlah penduduk Sumatera Utara yaitu 12.982.204 jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki 6.483.354 jiwa dan penduduk perempuan 6.498.850 jiwa.

Jumlah Unit Hasil Pengolahan Perikanan

Sumut

 

Comments are closed.